SELAMAT DATANG DI BLOG CAH SEMAR - NGELOWETAN MIJEN,DEMAK

Senin, 12 Maret 2012

ASAL USUL DESA NGELOWETAN

Ngelowetan, Mijen
Pada zaman dahulu yang tidak diketahui pada tahun berapa ,pada sebuah tempat tinggal dua orang kakak dan adik .Pada sustu ketika terjadi pertikaian antara kakak dan adik tersebut mengenai siapa yang akan menduduki desa tersebut .Mereka setiap harinya bertikai untuk menunjukan siapa yang akan menang yang nantinya akan menjadi danyang(sesepuh ) pada desa tersebut.
        Pertikaian yang tadinya hanya pertikaian biasa pun akhirnya sampai pada klimaksnya yang menyebabkan terjadinya adu fisik diantara mereka . Sebelumnya upaya damai mereka tempuh tetapi hasilnya hanya sia-sia belaka .Mereka berdua sama-sama ingin menjadi sesepuh didesa tersebut. Tetapi karena mereka tidak ada yang mengalah ,akhirnya salah satu dari mereka mengalah ,yaitu sang kakak (sing tuwo sing ngalah).Kakak tersebut pergi ke kulon(barat) dan sebelumnya mengatakan bahwa dirinya tidak akan kembali lagi ke desa tersebut dan dirinya tidak akan menggu adiknya.
        Setelah lama sang adik akhirnya menjadi danyang didesa  tersebut dengan julukan  RORO MAESO . Ia mempuhnyai murid bernama  MORO JOYO dan  REYUNG KUSUMO  . Ia menamai desa tersebut  NGELOWETAN  dan kedua muridnya akhirya menjadi danyang di desa itu juga tepatnya didusun  NGRANDU dan  dusun BAKALAN.

2 komentar: